Sunday , 21 October 2018

KARIMUNJAWA BUKIT JOKO TUO “jalan-jalan mens”

Bukit joko tuo adalah suatu destinasi wisata di pulau karimunjawa Jepara , Jateng. Jika di artikan dengan bahasa Indonesia Joko Tuo berati Perjaka Tua. Entah kenapa tempat tersebut dinamakan joko tuo, dan menurut cerita warga sekitar Bukit Joko Tuo itu diambil dari sebuah bangkai ikan raksasa. Bangkai ikan itu sebenarnya ada dua yang satu di karimunjawa dan yang satu lagi dimuseum kartini Jepara. Saya kurang tahu persis bangkai ikan apa yang ada di situ tetapi yang ku dapat informasi dari warga sekitar katanya itu bangkai ikan paus. Dan dikarenakan si ikan ini jomblo sendirian gara-gara terpisah dengan kekasihnya yang satu dimuseum kartini jepara tempat itu dinamakan bukit joko tuo ( Jomblo Tua).

BANGKAI IKAN DIBUKIT JOKO TUO  

Tempat ini tidak terlalu jauh dari pusat kota karimunjawa, bahkan ketika saya mengunjungi tempat ini sekalian sambil jogging. Jika saya jalan kaki dari alun-alun Karimunjawa dibutuhkan waktu sekitar – + 15 menit untuk sampai di puncak bukit joko tuo. Dengan biaya masuk Rp. 10,000,- /person anda sudah bisa menikmati indahnya sunset di karimujawa dari ketinggian, dan ada beberapa spot foto-foto yang kece yang bisa kamu pamerin di media sosialmu.

Sesampainya diatas bukit saya langsung disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa. Diatas bukit saya bisa melihat pemandangan kota Karimujawa dan juga laut dan pulau-pulau yang lain. Waktu sore hari adalah waktu yang tepat sekali untuk mengunjungi tempat ini. Ketika senja telah tiba saya langsung disuguhkan sunset yang keren dari ketinggian. 

 

KEREN…  saya yakin anda gak bakal nyesel mengunjungi tempat ini. Mungkin anda akan sedikit dilelahkan dengan sedikit mendaki untuk mencapai tempat ini. Tapi pemandangan yang ada di atas akan seketika membuat lelah anda hilang. Bukit Joko Tuo ini menurut saya layak banget untuk dicoba untuk dikunjungi ketika anda berada di Karimunjawa. Karimujawa sendiri adalah merupakan pulau di kabupaten Jepara yang terdiri dari 27 pulau. Untuk mencapai Karimunjawa anda perlu menyebrang dengan kapal very (Siginjai) jarak tempuh -+ 5 jam ataupun dengan kapal cepat (Express Bahari) jarak tempuh -+ 2 jam dari pelabuhan Jepara, yang terletak di samping Pantai Kartini.

Jika anda berencana berlibur ke Karimunjawa, berikut ini sedikit tips ketika anda ingin berlibur ke Karimunjawa.

  • Jika anda berencana berlibur ke Karimunjawa pakailah biro jasa wisata yang ada disana. 

Karena ketika berlibur ke Karimunjawa anda membutuhkan penginapan, karena berlibur kekarimunjawa tidak bisa dilakukan dengan hari ini datang dan hari ini pulang. Anda harus menginap setidaknya satu malam karena perjalan kapal disana hanya 1x tidak PP.

Bisa saja sih anda tanpa menggunakan biro jasa wisata (On The Spot) dengan cara mengajak teman anda yang sudah benar-benar paham dengan kondisi Karimunjawa. Memakai biro jasa menurut saya malah sangat membatu, karena anda sudah dikasih pelayanan dengan paket harga yang ditentukan. Jadi anda bisa menghemat pengeluaran uang anda ketika berada disana. Jika dibandingkan dengan pengeluaran anda ketika tidak memakai jasa biro wisata paling beda 11/12 bahkan jika anda tidak paham dengan kondisi di Karimunjawa pengeluaran anda bisa lebih besar dari pada paket biro jasa. Belum lagi jika anda tidak paham sama sekali dengan Karimunjawa, bisa jadi anda malah kebingungan ketika mau berwisata disana.

Pelayanan yang biasa dibirikan ole jasa biro wisata diantaranya Tiket Kapal, Penginapan, Makan, Wisata, Keamanan, Dll. Memakai biro jasa wisata adalah pilihan yang paling tepat ketika anda berlibur di Karimunjawa. Dan ingat satu hal pintar-pintarlah memilih Biro Jasa jangan sampai anda di rugikan.

  • Karimunjawa merupakan tempat yang jauh dari perkotaan jadi siapkan diri anda.

Seperti halnya di pulau-pulau lainnya Karimunjawa juga merupakan salah satu tempat yang jauh dari pusat perkotaan. Hal ini menyebabkan seperti saluran listrik tidak bisa nyampai kesana, tetapi tenang saja di Karimunjawa sudah punya sumber listrik sendiri kok. Dahulu karimujawa punya pembangkit listrik yang bernama PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel), jadi dulu listrik disana hanya menyala pada jam 17.00 sampai jam 05.00. Tetapi sekarang PLN sudah ada disana kok, walaupun masih sama penggunakan tenaga diesel bukan aliran PLTU. Dan sekarang sudah on selama 24jam non stop, walau kalau anda sedang apes lagi ada perbaikan generator paling listrik mati ketikan waktu siang hari. Dan jika anda menggunakan ponsel disana hanya tersedia sinyal Telkomsel, Indosat, dan XL dan jaringan yang paling kuat disana ya pasti TELKOMSEL. Tapi tenang saja untuk fasilitas internet disana banyak sekali Homestay dan Hotel ataupun penginapan lainnya sudah memasang IndiHome di rumah mereka.

  • Tentukan Waktu dan Musim yang tepat

Hal ini juga salah satu hal yang sangat penting yang anda perhatikaan jika anda mau berwisata ke Karimunjawa. karena disana kebanyakan wisatanya laut musim sangat penting harus diperhatikan. Seusahakan ke Karimunjawa jangan di waktu musim Penghujan, waktu ini merupakan waktu yang sangat tidak tepat untuk berwisata ke Karimunjawa. Yang paling mengecewakan adalah jika musim penghujan dengan angin dan gelombang laut yang tinggi. Bisa-bisa anda malah terjebat di pulau Karimunjawa ini dan tidak bisa kembali ke kampung halaman. Dan dikarimunjawa juga ada suatu waktu yang dinamakan Musim BARATAN. Di waktu ini ada waktu yang sulit bagi masyarakat karimunjawa. Hal ini dikarenakan Gelombang laut yang tinggi yang mengakibatkan kapal-kapal tidak bisa berlayar. Hal ini juga menyebabkan kelangkaan barang-barang pokok di Karimunjawa. Dan lebih parahnya lagi jika anda berwisata ke Karimunjawa di musim ini anda sudah berada di Karimunjawa dan gelombang laut tinggi anda bisa terjebak hingga berminggu-minggu  bahkan berbulan-bulan. Dan dimusim peenhujan ini juga bisa mengurangi keindahan jika anda ingin snorkeling maupun diving di Karimujawa. Dan waktu yang juga kurang bagus yaitu ketika hari raya dan natal. Di waktu ini terlalu banyaknya orang yang berliburan ke Karimunjawa terjadi kelangkaan tiket kapal. Dan ini juga gunanya memakai jasa biro wisata, nanti si biro biasanya bisa bantu untuk mencarikan tiket kapalnya.

  • Siapkan Kesehatan dan Mental Tidak Takut Hitam

Membawa sunblok merupatan tindakan yang tepat untuk berlibur ke karimunjawa, dikarenakan disana pantai ya pasti anda siap-siap berpanas-panasan disana. Dikarenakan juga disana pulau kecil yang kemana-mana ketemunya laut terus bisa dipastikan angin disana penuh dengan angin-angin laut, yang kemungkinan bisa membuat kulit kamu lengket dan siap-siap hitam deh pokoknya (Bule aja suka kulit hitam kok….)

 

Sekian lah cerita perjalanan wisata saya ke bukit joko tuo yang ada dikarimunjawa, semoga dapat jadi referensi liburan anda. terima kasih atas partisipasinya dengan blog saya ini.

Check Also

SENORKELING DI PULAU MENJANGAN KECIL KARIMUNJAWA “jalan-jalan mens”

Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *